Earth Hour, Jakarta Hemat Listrik Rp 210 Juta

Aksi global Earth Hour tahun ini diharapkan dapat mengurangi 10 persen konsumsi energi di Jakarta atau dapat mengurangi komsumsi listrik sebanyak 300 MW atau sama dengan mengurangi 260 ton CO2 dan menghemat Rp 210 juta untuk pengeluaran listrik.

Dengan aksi ini, Pemerintah DKI Jakarta mengajak seluruh stakeholder, pengelola gedung, pengusaha, dan masyarakat Jakarta untuk turut berpartisipasi dalam aksi global Earth Hour Jakarta 2010.

Aksi ini melalui gerakan memadamkan lampu selama satu jam pada pukul 20.30-21.30 pada Sabtu 27 Maret 2010. Target tahun ini sekitar 400 gedung yang akan turut memadamkan lampu secara serentak di Jakarta.

Dengan adanya aksi ini diharapkan dapat menghemat 10 persen konsumsi energi di Jakarta. "Saya berterima kasih karena respon cukup baik tahun lalu. Saya harap tahun ini paling sedikit 400 gedung mempunyai kesadaran untuk mengurangi karbon dioksida di Jakarta," kata Fauzi Bowo, usai pengambilan gambar iklan aksi global Earth Hour.

Namun untuk gedung-gedung pelayanan publik yang memerlukan layanan gawat darurat atau emergency, seperti rumah sakit dan puskesmas tidak akan diwajibkan mengikuti aksi ini.
0 Responses